7 Penyakit Mematikan Akibat Bahaya Perut Buncit

0
484
7 penyakit berbahaya akibat perut buncit

Jika kamu memiliki perut buncit bukan hanya akan mengurangi penampilan tapi juga mungkin sangat berbahaya bagi kesehatanmu. Ada beberapa penyebab dan bahaya perut buncit yang perlu untuk diketahui.

Mungkin dengan mengetahui penyebabnya kamu bisa mencegah dampak yang akan ditimbulkan. Dengan menerapkan pola hidup sehat kamu pasti akan mendapatkan perut yang rata tanpa lemak.

Beberapa penyebab yang dapat membuat perutmu buncit

Banyak yang menyepelekan perut buncit dan penuh dengan lemak. Mereka menganggap itu hal yang wajar dan tidak begitu penting.

Namun perlu kamu ketahui jika hal tersebut sangat berbahaya dan mengancam kesehatan. Lalu apa saja penyebab dan bahaya perut buncit yang perlu diwaspadai ?

  • Salah satu penyebab paling utama adalah pola makan. Pola makan yang tidak teratur menimbulkan penimbunan lemak di perut.
  • Faktor yang kedua adalah gaya hidup yang tidak sehat. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak serta kolesterol tetapi tidak diimbangi dengan berolahraga,
  • Merokok dan sering mengonsumsi minuman beralkohol juga menjadi penyebab perut membuncit.
  • Faktor genetik
  • Kebanyakan makan makanan berlemak dan berkolesterol tinggi meningkatkan resiko perutmu membuncit.
  • Kurangnya olah raga dan aktifitas fisik.
  • Stres dan sebagainya.

Setelah mengetahui penyebab perut buncit tadi kini saatnya kamu mengenali bahaya yang bisa ditimbulkan.

Berikut ini bahaya perut buncit yang perlu kamu waspadai

1. Stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang sangat mengerikan. Penyakit tersebut bisa muncul karena adanya tekanan darah tinggi serta kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh. Ini menjadi salah satu penyebab dan bahaya perut buncit yang perlu diwaspadai.

2. Diabetes

Resiko penyakit yang akan muncul ketika kamu mengalami obesitas sentral atau lebih populer perut buncit adalah diabetes. Ketika kamu sering banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, maka kadar gula darahmu tentu akan naik dan apabila perutmu sudah berlemak, hal tersebut perlu diwaspadai.

Jika kamu terus-terusan menganggap sepele hal tersebut, maka bahaya penyakit diabetes akan mengancam kesehatanmu.

3. Penyakit jantung

Penyakit serius dan mematikan yang lain adalah jantung. Penyakit tersebut sangat beresiko pada orang yang memiliki timbunan lemak yang berlebih terutama di area perut.

Lemak yang menyumbat pembuluh darah akan menyebabkan aliran darah tersumbat dan membeku sehingga akan menyebabkan serangan jantung.

Lemak yang berada di pinggang dan perut memang sangat berbahaya karena berhubungan langsung dengan organ tubuh lainnya misalnya hati dan paru-paru.

4. Kanker

Resiko penyakit mematikan ini perlu kalian waspadai jika memiliki perut buncit dan obesitas. Makanan berlemak, gula, minyak dan jenis makanan berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh secara terus menerus dapat menimbulkan tumbuhnya berbagai macam sel kanker.  Seperti kanker prostat, kanker payudara dan jenis kanker lainnya.

5. Kolesterol

Ternyata lemak yang menumpuk pada perut berhubungan langsung dengan kolesterol tinggi total, kolesterol jahat (LDL), penurunan HDL (kolesterol baik) dan resistensi insulin.

6. Gangguan Pernafasan

Menurut penelitian, orang yang memiliki perut buncit dan obesitas mengalami kesulitan bernafas dan cepat lelah. Gangguan fungsi pernafasan ini disebabkan oleh menurunnya fungsi paru-paru dalam meyuplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

Penyempitan volume paru-paru tersebut menyebabkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa diolah dengan maksimal. Karena penurunan fungsi paru-paru ini berbagai macam penyakit saluran pernafasan seperti asma, bronkitis bahkan kanker paru-paru bisa menyerang.

7. Dampak sosial dan psikologis

Selain penyakit yang disebutkan di atas, dampak sosial juga tak kalah menyakitkan. khususnya bagi kamu para wanita. Karena masyarakat sekarang ini menekankan pada penampilan fisik. Mereka beranggapan bahwa memiliki perut langsing lebih menarik, sehingga tak jarang wanita dengan perut buncit dipandang sebelah mata.

Selain dampak sosial, ke enam penyakit mematikan yang disebutkan di atas perlu kamu waspadai. Namun kamu tidak perlu khawatir jika kamu mau menerapkan pola hidup sehat akan mengurangi resiko terhadap penyakit tersebut.

Mencegah penyakit yang disebabkan perut buncit tadi sebenarnya cukup mudah

Pertama yang harus dilakukan adalah menjaga pola makan dengan makan yang teratur dan makan makanan sehat. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak jahat seperti junkfood.

Yang kedua adalah rajin berolahraga, sempatkan beberapa menit untuk berolahraga supaya tubuh bisa berkeringat.

Selain kedua cara tersebut kamu juga bisa mempraktekkan cara cepat menurunkan berat badan secara alami tanpa olah raga.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjauhkanmu dari bahaya perut buncit yang mengintai.

Tinggalkan Balasan