18 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami

0
302
18 cara mengatasi rambut bercabang

Rambut adalah mahkota keindahan wanita, karena itulah kesehatan dan keindahan rambut adalah salah satu prioritas utama seorang wanita. Selain ketombe, rambut bercabang adalah salah satu masalah umum yang sering dihadapi. Karena itu banyak wanita yang mencari cara mengatasi rambut bercabang, baik itu secara alami maupun menggunakan obat-obatan.

Sebelum membahas cara menghilangkan rambut bercabang alangkah lebih baiknya apabila kita mengetahui hal-hal apa saja penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya rambut bercabang :

1. Kurangnya nutrisi pada rambut

Rambut juga memerlukan nutrisi untuk tumbuh sama seperti bagian tubuh lainnya. Karena itu sering-seringlah makan makanan yang dapat mendukung kesehatan rambut seperti buah-buahan, sayuran, telur dan aneka kacang-kacangan.

2. Penggunaan produk kimiawi secara berlebihan

Salah satu bahan kimia yang dapat membuat rambut bercabang adalah zat yang terdapat pada pewarna rambut. Meskipun membuat rambut tampak lebih cantik dengan warna yang menarik, namun siapa sangka efek sampingnya dapat membuat rambutmu bercabang.

3. Efek cuaca / seringnya terkena sinar matahari secara berlebihan

Selain faktor produk kimiawi, faktor alam seperti sinar matahari juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Karena terkena sinar matahari secara berlebihan dapat menimbulkan ketombe maupun rambut bercabang.

4. Sering dicatok/penggunaan setrika rambut

Para wanita umumnya menggunakan catok untuk mendapatkan rambut rapi dan lurus guna menunjang penampilan. Padahal perlu kamu ketahui bahwa hal tersebut merupakan penyebab terbesar kerusakan rambut.

5. Karena faktor usia rambut

Rambut juga memiliki usia, semakin panjang rambut dipastikan usia dari rambut tersebut juga semakin tua. Umumnya rambut panjang yang kurang mendapat perawatan akan mudah rusak dan bercabang.

Setelah mengetahui 5 faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok tadi kini saatnya kita membahas cara mengatasinya

Cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Jika kamu berpikir rambut bercabang bukanlah masalah serius itu memang benar, namun dengan adanya rambut bercabang sedikit banyak membuat penampilanmu menjadi kurang menarik. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

1. Lakukan pemotongan rambut panjang secara rutin

Jika rambut sudah mulai panjang lakukan pemotongan pada ujungnya secara rutin. memotong sedikit demi sedikit bagian ujung rambut mungkin terasa melelahkan, terutama bagi kamu yang memiliki rambut yang lebat. Tapi hal ini wajib kamu lakukan karena jika tidak rambut bercabang yang tidak dipotong akan memanjang dan menyebabkan kerusakan lebih parah.

2. Hindari penggunaan bahan kimia

Seperti dijelaskan di atas bahwa penyebab rambut bercabang salah satunya adalah bahan kimia. Karena itu sebaiknya hindarilah shampo berbahan kimia petrolatum dan minyak mineral, untuk alternatifnya kamu dapat menggunakan shampo yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami.

3. Hindari memanjangkan rambut secara berlebihan

Semua orang pasti setuju jika wanita akan terlihat lebih anggun dengan rambut panjangnya. Akan tetapi rambut panjang yang tak terawat justru bisa mengakibatkan kerusakan rambut dan kulit kepala.

4. Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat berfungsi untuk melembutkan rambutmu, caranya adalah :

  • campurkan 1 sendok minyak zaitun pada seluruh permukaan rambut sebelum keramas
  • diamkan kurang lebih 5 menit lalu bilas dengan shampo

cara yang kedua anda dapat mencampurkan minyak zaitunm minyak almond dan minyak jarak. Kemudian lakukan pemijatan pada rambut dengan campuran ketiga bahan tadi. Setelah itu bungkus dengan handuk selama 10 menit dan bilas dengan air biasa sampai bersih.

5. Cuka apel

Selain bisa digunakan untuk menurunkan berat badan cuka apel juga dapat mengatasi rambut bercabang secara alami. Caranya cukup mudah :

  • campurkan setengah cangkir sari cuka apel dan satu sendok makan minyak gandum
  • tambahkan air secukupnya
  • oleskan ramuan tersebut pada saat rambut dalam keadaan basah.
  • diamkan kurang lebih 10 menit dan bilas dengan air bersih tanpa perlu memakai shampo.

6. Lidah buaya

Lidah buaya memang terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan rambut. Selain mengatasi rambut rontok, lidah buaya juga bisa untuk mengatasi rambut bercabang, caranya cukup oleskan lidah buaya ke seluruh permukaan rambut, setelah itu diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

7. Buah Pepaya

Buah pepaya diketahui memiliki kandungan protein yang dapat melembutkan dan merawat kesehatan rambut, karena itu selain membantu pencernaan tubuh kita bisa memanfaatkan buah ini untuk mengobati rambut bercabang. Cara yaitu :

  • campur buah pepaya yang telah dihaluskan dengan yoghurt
  • oleskan ramuan tersebut dari akar hingga ujung rambut
  • diamkan kurang lebih 10 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

8. Gunakan telur

Ternyata selain bisa digunakan untuk masker wajah, telur juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut yang bercabang. Namun yang akan kita gunakan hanyalah bagian kuning telur saja, caranya adalah dengan :

  • campurkan kuning telur dengan 3 sendok minyak zaitun, satu sendok madu
  • pijat rambut hingga kulit kepala dengan ramuan tersebut
  • diamkan selama 40 menit atau lebih
  • bilas dengan air hangat.

9. Madu, Lemon dan Yoghurt

Perawatan dengan ketiga bahan ini dapat dilakukan setiap 2 atau 3 kali dalam seminggu, berikut cara menggunakannya :

  • siapkan 2 sendok makan madu, 2 sendok makan yoghurt dan satu buah lemon
  • campurkan ketiga bahan tersebut
  • oleskan pada kulit kepala
  • diamkan selama 15 menit
  • bilas dengan air hangat

10. Buah alpukat

Buah alpukat tak hanya baik untuk tubuh dan kesehatan kulit saja, ternyata buah ini baik pula untuk kesehatan rambut. Untuk memanfaatkan buah alpukat caranya adalah sebagai berikut :

  • masukkan buah alpukat ke dalam blender dan masukkan 2 putih telur.
  • lumuri rambut dengan ramuan tersebut
  • diamkan selama beberapa menit
  • bilas dengan air dingin

11. Minum air putih

Manfaat air putih bagi kesehatan memang sangat luar biasa, salah satunya adalah untuk kesehatan rambut. Minum air putih secara teratur dan dalam porsi yang cukup akan menjaga kesehatan rambut dan mencegah timbulnya rambut bercabang.

12. Hindari air yang mengandung klorin

Sebaiknya hindari kolam renang yang terlalu ramai atau yang mengandung klorin terlalu banyak. Klorin dapat meningkatkan kerusakan pada rambut termasuk timbulnya rasa gatal, ketombe dan rambut bercabang.

13. Kurangi penggunakan bahan kimia pewarna rambut

Apabila kamu suka mewarnai rambut sebaiknya pastikan untuk tidak ganti merk pewarna rambut karena dapat menyebabkan kerusakan rambut. Alangkah lebih baiknya lagi jika kamu menghindari segala cat dan pewarna rambut berbahan kimia

14. Kurangi penggunaan catok dan pemanas rambut lainnya

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab rambut bercabang adalah penggunaan catok/setrika rambut lainnya. Untuk mencegah dan mengurangi rambut bercabang sebaiknya kurangi penggunaan catok rambut.

15. Gunakan pelembab rambut / kondisioner yang cocok

Apablia kamu merasa cocok dengan jenis shampo dan kondisioner yang saat ini kamu pakai, sebaiknya jangan ganti-ganti lagi. Umumnya kondisioner digunakan setelah keramas untuk melembabkan dan memperhalus rambut. Hal yang perlu diperhatikan adalah setelah menggunakan kondisioner kamu harus membilasnya sampai bersih, karena jika tidak maka akan menyebabkan kerusakan pada rambut.

16. Gunakan serum atau spray pelindung panas

Serum / sray pelindung panas akan melindungi rambutmu dari sinar matahari, seperti kita ketahui bahwa terkena sinar matahari berlebihan dapat merusak kesehatan rambut.

17. Lakukan perawatan dari dalam

Untuk perawatan dari dalam kamu bisa mencobanya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi rambut. Konsumsilah bayam dan wortel untuk mendapatkan asupan vitamin a, salmon untuk omega-3, kerang dan mente untuk mendapatkan zinc. Kamu juga bisa mengonsumsi lebih banyak biji-bijian utuh, sayuran, serta produk rendah lemak untuk dapat membantu rambut dan kulit kepala tetap sehat dan cantik.

18. Perhatikan kandungan alami pada roduk perawatan rambut

Pastikan produk perawatan rambut yang kamu gunakan mengandung minyak kemiri, glisering, shea butter, sorbitol, dan minyak zaitun yang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan dan kesuburan rambut serta mengatasi rambut bercabang.

18 cara di atas dapat kamu jadikan referensi untuk mengatasi rambut bercabang secara alami. Apabila kamu sudah melakukan perawatan rambut dengan benar namun masalah rambut masih saja muncul, sebaiknya lakukan medical check-up untuk mengetahui kondisi kesehatan secara medis. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada teman dan kerabat agar lebih banyak orang yang mendapat manfaatnya.

Tinggalkan Balasan