Menurunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Olah Raga

0
367
cara praktis menurunkan berat badan

Bagi kamu yang terobsesi memiliki bentuk tubuh ideal pasti sedang sibuk mencari cara untuk menurunkan berat badan.

Sebenarnya sudah banyak artikel yang menjelaskan bermacam-macam cara menurunkan berat badan, mulai dari menggunakan obat pelangsing ataupun dengan olah raga secara rutin.

Namun bagi orang yang jarang memiliki waktu luang, olah raga secara rutin hampir mustahil untuk dilakukan.

Sebagai alternatif kamu dapat menggunakan obat pelangsing untuk menurunkan berat badan tanpa harus capek-capek olah raga.

Tapi..

Apakah pernah terpikirkan efek samping dari obat pelangsing yang kamu konsumsi ?

Menurut aladokter.com, mengonsumsi pil pelangsing memiliki banyak efek samping. Beberapa diantaranya adalah tubuh akan kembali menjadi gemuk apabila pola hidup sehat seperti olah raga tidak diterapkan.

Dengan kata lain diet yang anda lakukan tidak bersifat permanen.

Selain itu mengonsumsi pil pelangsing secara terus menerus juga dapat membuat tubuh kesulitan untuk menyerap vitamin A, D, E dan K.

Baca Juga : Kenali Bahaya Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Untuk itu pada artikel ini kami akan mengupas rahasia menurunkan berat badan secara alami tanpa olah raga.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan makanan apa saja yang dapat membantu menurunkan berat badan dan makanan apa saja yang malah berpotensi menambah berat badan.

Berikut tips menurunkan berat badan tanpa olah raga

1. Konsumsi jeruk nipis secara rutin

Asam sitrat yang banyak terkandung pada jeruk nipis akan membantu proses pencernaan, hal ini mempercepat metabolisme yang pada akhirnya akan membantumu untuk menurunkan lemak di dalam tubuh.

Bagi kamu yang tidak suka rasa asam, masih ada alternatif selain jeruk nipis.

2. Cobalah minum teh hijau apabila kamu tidak suka asamnya jeruk nipis

Teh hijau memiliki zat polifenol yang tidak hanya berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, tapi juga dapat mempengaruhi penyerapan lemak di dalam tubuh.

Untuk dapat menikmati teh hijau sehingga mendapatkan hasil maksimal, ada teknik yang harus kamu lakukan.

a. Minum teh hijau tanpa gula dan perasa tambahan
b. Minum teh hijau saat panas
c. Seduh dengan air yang suhunya antara 80-90 derajat celcius

Namun, dikutip dari merdeka, selain kaya akan manfaat teh hijau juga mengandung beberapa zat seperti kafein dan zat tanin. Sehingga tidak disarankan untuk kamu yang sedang hamil ataupun memiliki masalah dengan asam lambung.

3. Kurangi makanan manis

Makanan manis mengandung zat adiktif yang dapat membuat ketagihan untuk terus memakannya, sehingga akan mengganggu penurunan berat badan dan memicu penimbunan lemak.

Alasan lain kamu harus mengurangi makanan manis adalah, zat gula akan meningkatkan jumlah insulin secara kronis yang dapat meningkatkan produksi lemak di dalam tubuh.

Selain ketiga jenis makanan tadi, ada hal lain yang tak kalah penting yang harus diperhatikan.

Yaitu pola dan porsi makan, Untuk menjaga pola dan porsi makan kamu dapat melakukan beberapa hal-hal ini

1. Redupkan lampu dan putar musik yang lembut ketika makan

Mungkin kamu berpikir apa hubungannya lampu redup dan alunan musik ketika makan, dengan menurunkan berat badan ?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh bapak Cornell Brain Wansink, Ph.D membuktikan bahwa seseorang yang makan di sebuah restoran dengan alunan musik yang pelan dan cahaya yang redup akan lebih tenang saat makan.

Secara rinci ada 2 hal yang akan terjadi pada saat kamu makan dengan kondisi seperti itu,

Yaitu kamu akan makan lebih lambat dan akan malas makan karena makanan yang sudah terlanjur dingin atau terbawa suasana romantis hingga lupa untuk makan apabila sedang makan bersama pasangan.

2. Gunakan piring dengan diameter yang lebih kecil

Kamu semua pasti sudah tahu jika menurunkan berat badan dilakukan dengan mengurangi porsi makan, namun masih banyak yang kesulitan untuk melakukan hal tersebut.

Apalagi jika yang ada di atas meja makan adalah makanan favoritmu.

Nah, untuk mencegah hal tersebut kamu bisa mengganti piring berdiameter besar dengan menggunakan piring yang berdiameter lebih kecil. Cara ini menurut Dr. Wansink dapat membuat porsi makan berkurang sebanyak 23%.

3. Buat jurnal makan

Catat semua makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari, kamu dapat membuat jurnal makan sebelum tidur atau setelah menulis buku diari.

Dengan membuat jurnal makan kamu akan dapat mengevaluasi berhasil atau gagalnya program menurunkan berat badan ini.

4. Perbanyak minum air putih

Banyak alasan mengapa air putih baik bagi tubuh, terutama untuk metabolisme / pencernaan tubuh agar bekerja lebih baik.

Dengan banyak minum air putih juga akan membuat tubuh menjadi kenyang, sehingga akan mengurangi nafsu untuk makan atau sekedar ngemil. Kamu juga dapat mengurangi porsi makan dengan minum segelas air putih sebelum makan.

Namun “banyak minum air putih” disini bukan berarti tak ada batasnya.

Menurut dokter Maya di salah satu bukunya yang berjudul “Pedoman Kebutuhan Cairan Bagi Pekerja Agar Tetap Sehat dan Produktif”. Bahwa asupan cairan seseorang dengan aktivitas ringan cukup 2.5 liter par hari, dan asupan air sekitar 2 liter air putih per hari sudah bisa dikatakan optimal.

5. Sarapan Sehat

Sarapan memiliki banyak manfaat untuk program diet, diantaranya sebagai sumber energi yang akan mempengaruhi pola makan.

Perlu digaris bawahi bahwa diet / menurunkan berat badan adalah dengan mengatur pola makan makanan yang sehat, bukan mengurangi atau bahkan menghilangkan salah satu jam makan.

Kamu bisa mulai sarapan dengan mengonsumsi telur rebus dan satu buah pisang, atau susu rendah lemak dan selembar roti, serta jangan lupa jus buah yang mengandung beragam nutrisi seperti serat dan vitamin.

6. Menimbang berat badan

Evaluasi program diet ini dengan menimbang berat badan secara rutin setiap 2 atau 3 hari sekali.

Apabila berat badanmu mengalami penurunan secara konsisten walaupun hanya sedikit saja selama 2 minggu, berarti perjuangan untuk menurunkan berat badan bisa dikatakan berhasil.

Namun, jika berat badanmu tidak turun secara konsisten maka kamu bisa mengevaluasinya dari jurnal makan yang telah dibuat.

7. Istirahat dan tidur yang cukup

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang istirahat akan makan lebih banyak dibanding orang yang istirahat dan tidur yang cukup.

Dengan porsi istirahat yang pas tubuh dapat menjalankan metabolisme dengan lebih baik dan maksimal, dan ini akan membantu untuk menurunkan berat badan,. Umumnya tidur yang sehat untuk kita adalah 6-8 jam per hari.

Kunci agar bisa sukses menurunkan berat badan dengan cara di atas adalah “Motivasi” dan “Konsisten”.

Baca Juga : Membuat Masker Wajah Alami Yang Mudah Dan Praktis

Kamu harus memiliki motivasi untuk menurunkan berat badan, tanpa motivasi kamu akan lebih cepat merasa lelah dan bosan.

Motivasi bisa datang dari diri sendiri maupun orang-orang terdekat.

Selain motivasi kamu juga harus bisa konsisten, karena cara ini tidak akan membuat berat badan turun secara drastis dalam 2 atau 3 hari saja.

Ingat, tidak ada hal baik yang dapat kamu raih secara instan!! Jika kamu tidak mau konsisten namun ingin cepat mendapatkan hasil, lebih baik gunakan obat penurun berat badan, namun kamu harus siap dengan segala efek sampingnya.

Menggunakan obat kimia memang lebih cepat, sedangkan dengan menggunakan cara alami lebih aman. Semua cara menurunkan berat badan memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, tergantung kamu ingin cara cepat atau aman.

Semoga dengan artikel sederhana ini dapat menjawab keingin tahuan anda mengenai rahasia menurunkan berat badan secara alami dan tanpa olah raga.

Semua cara menurunkan berat badan yang kami tulis di atas dapat langsung kamu praktekkan mulai dari sekarang. Dan apabila telah berhasil, silahkan bagikan artikel ini kepada teman-teman untuk membantu mereka mendapatkan bentuk tubuh yang indah seperti anda.

Tinggalkan Balasan